Bidang Kompetensi

Berita



LAPAN Jajaki Kerjasama Menembus Langit bersama PT. Aeroterrascan
Penulis Berita : Tim Diseminasi Pustekbang • Fotografer : TriWid • 26 May 2016 • Dibaca : 1607 x ,

Suasana Rapat Penjajakan LAPAN dengan Aeroterrascan

LAPAN menjajaki kerjasama Explorasi Aeronautika dengan PT. Aeroterrascan melalui program “Menembus Langit”. Program yang bertujuan menginspirasi Indonesia melalui kegiatan  eksplorasi aeronautika pada lapisan Stratosfer (sampai ketinggian 30 Km) ini akan menggunakan Pesawat UAV milik PT. Aeroterrascan dari series Ai450 SE dengan spesifikasi panjang sayap 1500 mm, bobot terbang 2,7 kg dan propeler lipat 12”. Rencananya pesawat Ai450 SE ini akan dibawa ke ketinggian 30 km dengan menggunakan balon udara, kemudian dilepas dan dibiarkan jatuh tetapi tetap terkontrol dan kembali ke tempat peluncuran.

Mereka mengusulkan kegiatan ini dapat dirangkaikan dengan event Komurindo dan Kombat – LAPAN di bulan Agustus mendatang. Kegiatan spektakuler menembus langit stratospher ini oleh Pustekbang LAPAN diusulkan untuk dicatatkan dalam rekor MURI.





Rapat penjajakan kerjasama antara kedua belah pihak telah dilakukan di Pustekbang Rumpin  pada hari Kamis, 26 Mei 2016. Dalam rapat tersebut pihak LAPAN diwakili Plh. Kapustekbang, Dipl.Ing. Agus Bayu Utama, M.Sc.Me yang didampingi oleh Tim Diseminasi Pustekbang, beberapa peneliti dari Pusat Sains dan Teknologi Atmospher Bandung serta Kasubbag Humas LAPAN Jakarta.

Sementara dari pihak Aeroterrascan dihadiri oleh 4 orang engineernya, yaitu Feri (Director), Seno, Azhar dan Dirgantara.
Ide langka yang digagas oleh PT. Aeroterrascan selaku perancang dan produsen UAV asal Bandung untuk mengeksplorasi langit melalui UAV ini bukanlah tanpa tujuan. Mereka berharap melalui program ini akan diperoleh beberapa capaian seperti : explorasi aeronautika, remote sensing, platform riset stratosferik, uji wahana UAV, High Altitude Long Endurance (HALE) dan publikasi ilmiah.

Untuk dapat segera merealisasikan program ini, disarankan untuk mengagendakan pertemuan berikutnya guna membahas tentang draft naskah kerjasama antara kedua belah pihak. Melalui kerjasama yang akan dibangun bersama LAPAN, pihak Aeroterrascan berharap dapat memperoleh support, asistensi, endorsement dan perijinan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL